Di Akhirat, Orang yang Membawa Pahala Shalat, Zakat, Puasa, Haji Akan Merugi. Why?...


STORYPOS – Kebanyakan Umat Islam beranggapan, beragama hanyalah terbatas pada aktivitas shalat, zakat, puasa, zakat, haji dan umrah setiap tahun. Meski aktivitas ibadah ini sangatlah luhur, namun anggapan tersebut jelas berbeda jauh dengan hakikat Islam yang sebenarnya. Mereka lupa, Islam adalah manhaj hidup. Dalam kerangka pikir ini, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberikan pelajaran kepada para sahabat dan para generasi setelahnya. Beliau memberikan pelajaran dalam sabdanya;

“Tahukan kalian, siapakah orang yang rugi itu?” Para sahabat menjawab; “Orang yang rugi di antara kita adalah orang yang tidak memiliki (uang) dirham dan perhiasan.”

Beliau bersabda; “Orang yang rugi di antara umatku adalah orang yang pada Hari Kiamat datang dengan membawa (pahala) shalat, puasa, dan zakatnya. Tetapi dia juga datang dalam keadaan (di dunia) ia pernah mencela seseorang untuk (menuntut balas) dengan mengambil kebaikannya, dan datang orang lain lagi untuk mengambil kebaikannya. Maka, jika seluruh kebaikannya itu telah habis sebelum seluruh kesalahannya dibalas, maka diambillah kesalahan (dari seseorang yang pernah disakitinya di dunia) itu, lalu dosa itu dilemparkan padanya, dan kemudian ia dilemparkan ke dalam neraka.” (HR. At-Tirmidzi No. 2418)

Sudahkan Anda berintropeksi diri hari ini?

Bila ada kesalahan jangan menunda untuk bertaubat.

Bila kesalahan tersebut terkait kepada seseorang bersegeralah untuk minta maaf kepadanya.

Allahua’lam.