Takutnya Para Wanita pada Umar


STORYPOSDari Sa’ad bin Abu Waqqash Radhiyallahu ‘Anhu dia berkata:

‘Umar meminta izin masuk kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Saat itu di rumah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam ada beberapa perempuan Quraisy yang sedang berbincang-bincang lama dengan beliau seraya mengangkat suara mereka.

Ketika mengetahui ‘Umar meminta izin untuk masuk, para perempuan itu terdiam dan bergegas-gegas untuk berhijab. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam mengizinkan ‘Umar masuk. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam tertawa, lalu ‘Umar berkata, “Semoga Allah senantiasa membahagiakanmu, wahai Rasulullah.”

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, “Aku heran dengan para perempuan yang ada di sini, ketika mendengar suaramu, mereka langsung saja berhijab.”

‘Umar berkata, “Wahai Rasulullah, engkaulah yang lebih patut untuk mereka segani.”

Kemudian ‘Umar berkata (kepada para perempuan itu), “Wahai musuh-musuh bagi  jiwa-jiwa kalian sendiri! Kenapa kalian takut kepadaku tapi tak takut kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam!”

Para perempuan itu berkata, “Iya! Karena kamu lebih galak dan lebih kasar daripada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam.”


Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam pun bersabda, “Wahai Ibn al-Khaththab, demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya. Tidaklah setan mendapatimu melalui satu jalan kecuali dia akan mengambil jalan yang berbeda dengan jalan yang kaulalui.” (HR. al-Bukhari 3120 dan Muslim 2397)